Senin, 26 Desember 2011

Pembuaan Sollar Cell dengan Menggunakan tungku Optik

Pembuatan sel surya yang menggunakan bahan silikon membutuhkan temperatur tinggi  lebih dari 1000 derajat selcius, proses ini menggunakan elemen panas dan membutuhkan energi yang banyak. Sebuah tungku baru yang terbuat dari bahan optik telah dikembangkan oleh oleh para peneliti di National Renewable Energy Laboratory di Golden, Colorado. Untuk memanaskan bahan sel surya tersebut dengan menggunakan cahaya. Proses tersebut lebih efesiendibandingkan dengan  menggunakan energi dari tungku konvensional. selain untuk proses pemanasan cahaya yang digunakan di tungku tersebut dapat digunakan untuk membersihkan kotoran yang ada di silicon sehingga dapat meningkatkan energy listrik yang dihasilkan oleh sel surya.
.ini merupakan salah satu langkah awal untuk meningkatkan efesiensi dari sel surya, pengujian yang dilakukan di laboratorium menghasilkan bahwa penggunaan metode ini dapat meningkatkan efesiensi sebesar 4 %, pada mulanya efesiensi sel surya 16 % meningkat menjadi 20%. Ini merupakan temuan baru dalam industry sel surya yang semakin berkembang.
Penggunaan tungku yang bertemperatur tinggi merupakan lalah satu proses dalam pembuatan sel surya,temperature tersebut digunakan untuk memasukan dopants kedalam silicon sehingga dapt menghasilkan medan listri,membuat kontak electron serta mengoksidasi permukaan sehingga dapat meningkakan efesiensi.
Sumber : technology review

Tidak ada komentar: