Senin, 26 Desember 2011

Robot Enam Kaki Yang Digunakan dalam Regu Penyelamat

Sebuah kelompok studi robotika yang dipimpin oleh profesor Arai saat ini sedang mengembangkan robot yang memiliki enam kaki, dua diantaranya dapat digunakan untuk menyerang lawan. Konsep ini diadopsi dari hewan yang memiliki dua kaki yang stabil unuk berjalan
Fitur yang ada di robot ini yaitu bahawa bagian penggeraknya dapat berjalan secara normal dan dapat mengetahui perbedaan ketinggian jadi robot ini bisa mengatasi kenaikan ketinggian tanah, selain dapat mengetahui perbedaan ketinggian robot ini juga dapat bergerak di jalan yang sempit dengan mengurangi ukuran tubuhnya.
Enem kaki yang dimiliki robot tersebut terdiri dari 4 sendi. Jarak antar kakinya sebesar 60 derajat sehingga akan memberikan gaya kerja keseluruh bagian tubuh. dan tidak ada jarak antara bagian atas dan bawah dari robot jadi apabila robot ini terjatuh maka robot ini dapat berdiri kembali dengan memutar seluruh kakinya. Pada robot ini juga terdapat sensor sentuh sehingga robot dapat mengambil suatu objek dengan baik dan benar.
Meskipun robot enam robot enam kaki ini pernah di pamerkan di World Expo di jepan, namun robot ini akan erus diperbaiki dan dikembangkan agar dapat meningkatkan fleksibilitasnya . salah satu tujuan dibuatnya robot ini untuk pemeliharaan gedung dan alat penyelamat serta dapat digunakan dalam situasi gempa bumi.
Sumber: http://www.diginfo.tv



Tidak ada komentar: